Sabtu, 07 Juni 2014

200 SOAL JAWAB TENTANG AKIDAH ISLAMIYAH (1 - 4)

➖Akidah➖➖➖➖

200 SOAL JAWAB TENTANG AKIDAH ISLAMIYAH

Hafidh bin Ahmad al-Hakami

Soal :
Apakah kewajiban yang pertama kali diwajibkan atas seorang hamba?

Jawab:
Yang pertama kali diwajibkan atas setiap hamba adalah mengenal sabab-musabab Allah menciptakannya, mengambil perjanjian dengannya, mengutus para rasul-Nya dan menurunkan kitab-kitab-Nya. Dengan sabab-musabab itu pula diciptakannya dunia, akhirat, jannah dan neraka. Dengannya pula dibenarkan hari al-Haqqah, ditetapkan hari al-Waqi'ah, ditegakkan neraca keadilan dan diterbangkan catatan amal. Karena sabab-musabab tersebut adanya kesengsaraan dan kebahagiaan. Dan sesuai kadar perkara tersebut, dibagi-bagikannya cahaya. Dan barangsiapa yang tidak diberi cahaya oleh Allah, maka dia tidak akan mendapatkan cahaya dari siapa pun.

Soal :
Apakah sabab-musabab yang karenanya Allah menciptakan makhluk?

Jawab:
Allah berfirman,
(وما خلقنا السموت واﻷرض وما بينهما لعبين * ما خلقنهما إﻻ بالحق ولكن أكثرهم لا يعلمون)
"... tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi serta segala yang ada diantara keduanya sekedar main-main * tidaklah Kami ciptakan keduanya kecuali dengan tujuan yang benar. Akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengerti..." (Ad-Dukhan:38-39)

Allah juga berfirman,
(وما خلقنا السماء واﻷرض وما بينهما بطلا ذلك ظن الذين كفروا)
"...tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi beserta yang ada di antara keduanya sia-sia. Itu hanyalah sangkaan orang-orang kafir..." (Shad:28)

Allah juga berfirman,
(وخلق الله السموت وﻷرض بالحق ولتجزى كل نفس بما كسبت وهم لا يظلمون)
"...dan Allah ciptakan langit dan bumi dengan haq. Juga agar setiap jiwa dibalasi atas perbuatannya, sedang dia tidak dizalimi..." (Al-Jatsiyah:22)

Allah juga berfirman,
(وما خلقت الجن والإنس إﻻ ليعبدون)
"...dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku..." (Az-Zariyat:56)

Soal :
Apa makna hamba (العبد) ?

Jawab:
Jika yang diinginkan adalah al-mu'abbad (المعبد) maka maknanya yang rendah dan diatur. Berarti makna ini mencakup seluruh makhluk, penduduk langit maupun bumi, berakal maupun tidak, yang memiliki cairan tubuh maupun tidak, yang bergerak maupun yang diam, yang tampak maupun yang tidak tampak, mukmin maupun kafir, salih maupun fasik dan selainnya. Semuanya adalah makhluk dan yang dipelihara oleh-Nya. Mereka tunduk dengan kekuasaan-Nya, diatur dengan pengaturan-Nya. Masing-masingnya memiliki bentuk yang bisa diciri dan batasan yang bisa dikenali. Semuanya beraktifitas hingga waktu yang ditentukan. Tak melebihinya walaupun seukuran biji zarah pun. Itulah ketetapan Dzat Yang Maha Kuasa lagi Mengetahui. Itulah pengaturan Dzat Yang Maha Adil Lagi Bijaksana.

Dan jika yang dimaukan adalah (العابد) maka maknanya yang mencintai dan merendahkan diri. Berarti makna ini khusus bagi orang-orang mukmin yang mana mereka itulah hamba yang dimuliakan, wali yang bertakwa. Yang tidak ada rasa khawatir pada diri mereka, tidak pula bersedih hati.

Soal :
Apakah definisi ibadah?

Jawab:
Ibadah adalah nama yang kompleks, yang menghimpun segala jenis amalan yang dicintai dan diridhai Allah, baik berbentuk ucapan maupun perbuatan, baik secara dhahir maupun batin. Juga berlepas diri dari segala yang menafikan itu semua.

WhatsApp Thullab Fuyusy

➖➖➖➖➖➖➖WhatsApp Salafy Lintas Negara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar