Sabtu, 20 Februari 2016

Gerakan Dalam Shalat

SILSILAH FAWAID MUHIMMAH

▶️GERAKAN DALAM SHALAT

Berkata Asy Syaikh Badr bin Muhammad Al Badr Al Anazy Hafizhahullah:

“Gerakan dalam shalat tidaklah lepas dari dua jenis:

▶️A. Gerakan Yang Disyariatkan
Gerakan ini juga terbagi dua :

✅1. Wajib, yaitu gerakan yang dilakukan untuk menutup aurat, bagi siapa yang terbuka auratnya ketika sedang sholat, dan gerakan seseorang yang dia shalat dengan tidak menghadap kiblat, kemudian dia diingatkan tentang kesalahannya.

Dan selain dari dua gerakan ini dari bentuk gerakan yang hukumnya wajib.

✅2.Mustahab, yaitu gerakan untuk menutup celah yang kosong dalam shalat (berjama’ah) atau untuk meluruskan Shaf, atau gerakan meletakkan tangan di depan muka ketika bersin agar tidak mengganggu orang lain yang sedang sholat, atau meletakkan tangan ke mulut ketika menguap, dan lain-lainnya dari gerakan yang hukumnya mustahab.

▶️B. Gerakan yang tidak disyariatkan.
Gerakan ini terbagi dua:

✅1. Haram, yaitu gerakan yang banyak, berturut-turut, tanpa ada hajah (kebutuhan) dan sebagian ulama menganggapnya sebagai pembatal sholat.

✅2. Makruh, gerakan yang ringan/sedikit, tanpa adanya kebutuhan, seperti menggerakkan jam, perbuatan sia-sia yang dilakukan pada baju, dan lainnya.

Sebagian ulama menambahkan gerakan yang hukumnya Mubah, yaitu gerakan yang berupa isyarat yang dipahami yang dilakukan dalam sholat karena adanya kebutuhan, atau gerakan maju dan mundur dalam sholat bukan dalam rangka kemashlahatan sholat, seperti orang yang maju atau mundur untuk membuka pintu atau menggendong anak kecil, yang mana perkara-perkara ini telah ditunjukkan tentang bolehnya untuk dilakukan dalam sholat oleh dalil-dalil yang sangat banyak dari As-Sunnah, dan disini bukanlah tempat untuk untuk membahasnya dengan rinci.

Sebagian Ulama mengatakan: Wajib untuk tidak menambah gerakan yang disyariatkan dalam sholat lebih dari tiga gerakan, perkataan ini tidak shohih, pembatasan (jumlah gerakan ini) tidak ada dalilnya.

Sumber: https://telegram.me/baderAlbder

Ditulis Oleh: Ustadz Abu Khuzaimah Al Fadanji Hafizhahullah

(Padang  10  Jumadil  Awwal 1437 H, 19 Februari 2016)
_____________________

Hastag :
#gerakkan_dalam_sholat

Postting :
Sabtu, 20 Februari 2016
Jam. 16.30 wib

~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Publikasi :
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Link Access :
https://bit.ly/SilsilatusSholihinPadang
---------------------------
https://telegram.me/SilsilatusSholihin

====================
Ⓜ️Ma'had Silsilatus Sholihin Padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar