Selasa, 16 Februari 2016

Majelis Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Terbuka Untuk Anak-anak Kecil

MUTIARA HADITS KELEMBUTAN NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM KEPADA ANAK-ANAK:

HADITS KETUJUH

MAJELIS NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM TERBUKA UNTUK ANAK-ANAK KECIL

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ: لَقَدْ كُنْتُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غُلَامًا، فَكُنْتُ أَحْفَظُ عَنْهُ، فَمَا يَمْنَعُنِي مِنَ الْقَوْلِ إِلَّا أَنَّ هَا هُنَا رِجَالًا هُمْ أَسَنُّ مِنِّي، وَقَدْ «صَلَّيْتُ وَرَاءَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى امْرَأَةٍ مَاتَتْ فِي نِفَاسِهَا، فَقَامَ عَلَيْهَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الصَّلَاةِ وَسَطَهَا».

“Dari Samurah bin Jundub radhiyallahu ‘anhu, dia berkata; "Pada masa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam aku masih kecil, dan saya telah menghafal (beberapa hadits) dari beliau, maka tidak ada yang menghalangiku untuk berbicara kecuali karena di sini terdapat orang-orang yang usia mereka lebih tua dariku. Dan sungguh, saya pernah shalat (jenazah) di belakang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam untuk menshalatkan jenazah seorang wanita yang meninggal dunia ketika masa nifas (setelah melahirkan). Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdiri (shalat jenazah) di sebelah tengah-tengah badannya.” [HR. Muslim]
----------------------

FAEDAH-FAEDAH HADITS:

Hadits yang agung ini memberikan kepada kita faedah-faedah yang berharga, diantaranya;

1. Semangat belajarnya para shahabat dalam menuntut ilmu di masa kecil mereka. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita sebagai orang tua untuk memberikan semangat kepada anak-anak kita untuk semangat dalam menuntut ilmu agama, karena hari ini mereka kecil, esok kelak akan menjadi orang yang besar, yakni menjadi dai-dai umat.

2. Masa kecil adalah masa yang tepat untuk menghafal, karena sebagaimana dikatakan ulama Salaf bahwa menghafal di usia kecil bagaikan mengukir diatas batu, artinya hafalannya akan membekas dan tidak mudah hilang.

3. Pendidikan adab yang mulya pada diri anak kecil. Meskipun dia berilmu dan punya hafalan, namun tidak menghalangi dirinya dalam menghormati orang yang lebih tua. Inilah buah dari ilmu yang bermanfaat, yakni akan membentuk akhlak seseorang untuk berakhlak dengan akhlak yang mulia.

4. Perhatian Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam terhadap anak-anak kecil, yang mana beliau membuka majelis ilmu beliau untuk orang dewasa dan juga anak-anak kecil, agar mereka ikut pula dalam mendulang mutira dan barakah nabawiyah dari hadits-hadits yang diberikan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam dalam majelisnya.

5. Meneladani Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam dalam ibadah.

6. Petunjuk praktek shalat jenazah dan tempat berdirinya imam tatkala jenazah yang dishalati adalah wanita.

---------------------
✒ Disusun oleh Abu 'Ubaidah Iqbal bin Damiri al-Jawy, 2 Dzul Qa’dah 1436/ 17 Agustus 2015_di kota Ambon Manise.

Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com
----------------------

WA. FORUM KIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar