Rabu, 24 Februari 2016

Sudah benarkah niatan anda dalam menghadiri majelis ilmu❓

—◎※◎—

✏Sudah benarkah niatan anda dalam menghadiri majelis ilmu❓

—◎※◎—

☝ Apabila engkau menghadiri sebuah majelis ilmu, maka jangan jadikan kehadiranmu itu melainkan kehadiran ORANG YANG INGIN MENAMBAH ILMU DAN PAHALA.

⚠ Bukan kehadiran orang merasa cukup dengan ilmu yang ada pada dirimu untuk mencari-cari ketergelinciran yang akan engkau sebarkan atau kekeliruan yang akan engkau jelek-jelekkan.

Yang demikian ini adalah perbuatan orang-orang rendahan yang tiada akan pernah beruntung dalam ilmu untuk selama-lamanya.

Jika engkau menghadirinya dengan niatan yang benar tersebut, maka engkau telah mendapatkan kebaikan betapa pun keadaannya.

Namun jika engkau menghadirinya bukan dengan niatan itu, maka diamnya engkau di rumah lebih nyaman bagi tubuhmu, lebih terhormat untuk akhlakmu & lebih selamat untuk agamamu.

Mudawatun Nufus 92. Karya Ibnu Hazm

إصلاح النية في حضور مجالس العلم - إصلاح النية في حضور مجالس العلم

«إِذا حضرت مجْلِس علم فَلا يكن حضورك إِلا حُضُور مستزيدٍ علمًا وَأَجرًا، لا حُضُور مستغنٍ بِمَا عنْدك طَالبًا عَثْرَة تشيعها أَو غَرِيبَةً تشنِّعها، فَهَذِهِ أَفعَال الأرذال الَّذين لا يفلحون فِي الْعلم أبدًا، فَإِذا حضرتها على هَذِه النِّيَّة فقد حصَّلت خيرًا على كلِّ حَالٍ، وَإِن لم تحضرها على هَذِه النِّيَّة فجلوسك فِي مَنْزِلك أروح لبدنك وَأكْرم لخُلُقك وَأسلم لدينك».

[«مداواة النفوس» لابن حزم (٩٢)]

◎○◎○◎○◎○◎○◎○◎○◎○◎○◎○

Ustadz Abu Hafiy Abdullah

WA KITASATU
14 Jumadil Ulaa 1437H

Join Channel Telegram kami di:
http://bit.ly/KajianIslamTemanggung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar