Minggu, 11 Desember 2016

Peranan Aqidah Dalam Kehidupan


_______
Peranan Aqidah Dalam Kehidupan

📝Seberapa besar peranan Aqidah dalam Islam?

Sudsh menjadi kesepakatan bersama bahwa diantara cita-cita manusia yang hidup di dunia ini ialah meraih kebahagiaan hidup. Baik dia adalah seorang yang mukmin ataupun yang kafir.

Masing-masing mereka mendambakan dan menginginkan kehidupan yang bahagia.
🔰Kebahagiaan berdasarkan sudut pandang dari masing-masing dua golongan tersebut. Oleh karenanya kita jumpai pula perbedaan cara untuk menggapai dan meraih kehidupan yang bahagia.

Sebagai seorang mukmin tentu kita mengetahui kebahagian yang bagaimana serta apa sebenarnya hakikat dari kebahagiaan itu sendiri.

💐Cita-cita bak sebuah bangunan, diamana pada banguna tentu dan pasti akan ada yang namanya pondasi. Ketika pondasi itu kuat lagi kokoh maka akan benar dan kuat pula banguna yang dibangun diatasnya.

Oleh karenanya kita sebagai seorwng mukmin yang memiliki cita-cita dan harapan yang itu ibarat sebuah bangunan maka musti dan harus kita membangun cita-cita kita diatas pondasi yang kokoh.

Disinilah pentingnya peranan aqidah. Dimana Aqidah sebagai pondasi dari setiap amalan kita. Akan sangat mudah untuk roboh manakala amalan, cita-cita dibangun diatas pondasi yang rapuh.

*Pertanyaannya*:
Seberapa besarkah peranan Aqidah sebagai pondasi amalan hamba?

Pertanyaan ini Terjawab dengan beberapa jawaban berikut ini:

1⃣ Seseorang tidak akan merasa cukup dari aqidah. Bahkan kuat dan lemahnya seseorang itu berdasarkan aqidahnya. Pada dasarnya manusia semua dilahirkan diatas Aqidah yang sama, mereka dilahirkan diatas fitrah untuk beragama dan beribadah kepada Allah. Sehingga mereka-mereka yang masih diatas fitrah dan tidak mencampuri Aqidah serta fitrah mereka dengan kesyirikan dijamin oleh Allah akan mendapatkan keamanan dan mendapatkan petunjuk dari Allah, hal ini sebagaimana tersebut dalam firman Allah:

82. الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ الأمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُون

"َOrang-orang yang beriman dan tidak mencampur adukkan iman mereka dengan kezhaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk." [Al-An'am: 82]

Keamanan dan mendapatkan petunjuk merupakan salah satu dari dambaan dan cita-cita seorwng hamba. Maka ini adalah kunci pertama untuk mendapatkan kebahagiaan yang sebenarnya, yaitu:

🔑 *Beriman kepada Allah serta tidak menyekutukan Allah dalam peribadatan.*

2⃣ Dengan Aqidah yang benar, seseorang akan terbebaskan dari perbudakan, peribadatan kepada selain Allah. Dan dia akan terlepas dari sempitnya dunia dan dia akan memandang kepada luasnya akhirat.

🔑Orang yang tidak memahami ini, dia hanya melihat pada dunia saja, sehingga ketika datang ujian dan cobaan orang ini akan merasakan sempitnya dunia, yang mana ini bisa menghilangkan rasa kebahagiaan.

3⃣ Aqidah merupakan fiqih akbar, yang semua orang membutuhkannya.
Tidak ada kehidupan hati, ketenangan kenikmatan kecuali jika seseorang mengetahui siapa Rabbnya, siapa yang dia ibadahi. Jika seseorang telah mengetahui ini semua, maka seluruh tindak-tanduknya hanya untuk Allah semata, tidak untuk selain-Nya. Dan ini akan menumbuhkan *ketenangan* dan *kenikmatan* dalam hati serta kehidupannya.

🔑Sehingga kunci yang berikutnya adalah:

*engkau mengenal siapa Rabbmu, siapa yang engkau ibadahi dan kecintaan siapa yang harus didahulukan serta diutamakan dalam hidupmu.*

4⃣ Dengan Aqidah yang benar, aqidah yang satu maka akan menghasilkan sebuah keamanan, kelanggengan, kebahagian, serta ketentraman. Allah berfirman dalam ayat-Nya:

112. بَلَى مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُ أَجْرُهُ عِنْدَ رَبِّهِ وَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ

"(Tidak demikian) bahkan barang siapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebaikan, maka baginya pahala pada sisi Rabbnya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." [Al Baqarah: 112]

Dalam ayat lain Allah berfirman:

96. وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِن

َ السَّمَاءِ وَالأرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُون

"Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi," [Al A'raf: 96]

5⃣ Bahwa dengan Aqidah merupakan sebab munculnya keamanan dimuka bumi dan tegaknya daurah islamiyah, Allah berfirman:

(105). وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِي الزَّبُورِ مِنْ بَعْدِ الذِّكْرِ أَنَّ الْأَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصَّالِحُون

"Dan sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini diwariskan kepada hamba-hamba-Ku yang solih," [Al Anbiya: 105]

┄┄┉┉✽̶»̶̥🌼»̶̥✽̶┉┉┄┄
📇 *Jendela Sunnah*

🖥 Website resmi Jendela Sunnah ||
www.jendelasunnah.com
📮Chanel Jendela Sunnah ||
http://bit.ly/penuhduniailmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar